Tentang Kami

A. Kondisi Geografi

Desa Benjor terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Tumpang, Jawa Timur. Desa ini berada di wilayah yang memiliki topografi bervariasi, terdiri dari dataran rendah dan perbukitan. Letaknya yang berada di kaki Gunung Bromo memberikan geografis yang khas dengan kontur perbukitan dan dataran tinggi, membuat udara di desa ini sejuk dan segar denagn ketinggian berkisar antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. 

Desa Benjor memiliki iklim tropis dengan dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Curah hujan tahunan cukup tinggi, terutama pada bulan-bulan musim hujan (Oktober hingga April), yang sangat mendukung kegiatan pertanian. Pertanian adalah mata pencaharian utama warga desa, dengan tanaman yang banyak dibudidayakan meliputi padi, jagung, kacang-kacangan, dan sayuran. Selain itu, perkebunan kopi dan cengkeh juga menjadi komoditas penting bagi penduduk setempat.

Desa ini dilalui oleh beberapa sungai kecil yang menjadi sumber irigasi untuk lahan pertanian, serta memiliki beberapa mata air yang dimanfaatkan oleh penduduk untuk keperluan sehari-hari. Hutan yang mengelilingi Desa Benjor, terutama di bagian perbukitan, tidak hanya menjadi sumber kayu dan hasil hutan lainnya tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan sumber daya air.

B. Kondisi dan Ciri Geologis Wilayah

Secara administratif, Desa Benjor terletak di wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Wilayah Desa Benjor secara umum mempunyai ciri geologis berupa lahan tanah hitam yang sangat cocok sebagai lahan pertaniandan berkebunan. Secara persentase kesuburan tanah Desa Benjor terpetakan sebagai berikut : sangat subur 25 Ha, subur 54 Ha, Sedang  28,5 Ha, tidak subur atau kritis 2,5 Ha. 

1. Batas Wilayah Desa :

Desa Benjor yang masuk dalam wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang memiliki batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Duwet.
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung .
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Tumpang, Desa Malangkuso, Desa JeruTumpang Kecamtan Tumpang.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Pegunungan Tengger.

Jarak tempuh Desa Benjor ke ibu kota kecamatan adalah 7 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 25 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam. 

2. Luas Wilayah Desa :

Luas wilayah Desa Benjor dengan luas wilayah 144,92 Ha, luas lahan yang diperuntukkan Pertanian (Pekarangan) 6,57 Ha, Luas lahan yang diperuntukkan untuk ladang tegalan (lahan kering) dan perkebunan 131,75 Ha dan Desa Benjor mempunyai Hutan Produksi (Hak Pakai) 234 Ha, sedangkan lahan yang digunakan untuk Fasilitas Umum adalah sebagai berikut

  • Perkantoran: 0,15 Ha
  • Sekolah (SDN 01 dan SDN 02): 0,45 Ha
  • Pemakaman Umum: 1,7 Ha

3. Jumlah Wilayah Bawahan :

Desa Benjor terdiri dari 2 RW dan terbagi menjadi RW.01 membawahi 7 RT dan RW.02 membawahi 7 RT.